Hi, guest | Welcome to My Blog | Register | Sign in
Advertise | Contact | About | Live Music | Donation | Sitemap

Rabu, 17 Oktober 2012

Menjadi Seorang Webmaster

. Rabu, 17 Oktober 2012

Webmaster merupakan profesi orang yang bertugas untuk mendesain halaman website, beberapa keahlihan yang mutlak dikuasai oleh seorang webmaster diantaranya coding, mengerti tentang programing, layout website, dan pengelolahan website itu sendiri. Berikut untuk lebih jelas, beberapa hal yang harus dikuasai oleh seorang  webmaster :
1. Mengerti HTML
Bahasa HTML merupakan bahasa pokok/wajib yang harus dikuasai oleh seorang webmaster, Karena dalam implementasinya untuk mendesain halaman website.

2. Mengerti CSS
CSS merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mepercantik halaman website, yang semulanya dibuat mengunakan HTML, kemudian dipercantik dengan CSS. Hati-hati dalam mengunakan CSS, karena tidak semua browser mendukung CSS, sebaiknya periksa dahulu pada beberapa situs berikut :
  • http://validator.w3.org/
  • http://jigsaw.w3.org/css-validator/
3. Mengerti Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam mendesain halaman website supaya menjadi lebih hidup ialah PHP, Javascript, ASP, JSP, JAVA, dan lain-lain. Namun saat ini bahasa pemrogarman yang sedang populer yaitu PHP dengan database MySQL.
4. Dapat menjalankan aplikasi Grafis
Keahlian ini sangat mutlak diketahui jika anda ingin menjadi seorang webmaster, karena dalam dunia webmaster tidak jauh dengan dunia desain grafis, banyak hal-hal yang akan anda buat dalam halaman web, misalkan banner, logo, dan beberapa pendukung untuk mempercantik website.
Bila teman ingin menambahkan “beberapa hal yang harus dikuasai oleh seorang  webmaster” silahkan kasih komentar, komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan blog ini.
5. Javascript/jQuery
Keahlian ini sangat penting dikuasai untuk memberikan sentuhan-sentuhan yang menarik akan hasil template website. Misalnya animasi menu, menampilkan dan menyembunyikan konten dan lain-lain. Javascript/jQuery yang bekerja di browser juga dapat membantu sistem website menjadi lebih simple dan interaktif dibanding hanya menggunakan bahasa program yang bekerja di server.

6. Database
Database juga wajib dikuasai karena untuk membangun website dinamis selalu membutuhkan database. Semakin tinggi pemahaman dan kemampuan web developer dalam membuat struktur database yang tepat maka sistem dan website yang akan dihasilkan akan semakin baik dan optimal. Saat ini database yang paling banyak digunakan adalah mySql.

7. Search Engine Optimization/Search Engine Marketing
Kenapa seorang web developer harus menguasai SEO/SEM ini? Tentu saja, agar website yang dibangun memenuhi syarat-sayarat yang ditetapkan search engine khususnya Google, dengan demikian website akan terindek dengan baik pada halaman pencarian Google. Dengan begini website yang dihasilkan akan mendatangkan pengunjung secara maksimal. Untuk apa sebuah website yang sudah di desain dengan bagus dan memiliki sistem yang baik namun tidak ada pengujung? Rite?

Nah itulah kurang lebihnya yang harus dikuasai untuk menjadi seorang web developer yang dapat membangun website yang berkualitas. kalau anda berminat terjun ke bisnis jasa pembuatan website, silahkan pelajari skill diatas satu persat.


 
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


1 komentar:

Je-Fry | Rokok mengatakan...

Yang terakhir kurang setuju, cz dengan konsisten ngeblog ajah bisa page 1 google kok. :D Dan SEO is for robot not for human. Design is more important.

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

jangan lupa tinggalin komentar ea sobat blogger .... ^_^